Pertama-tama, tubuh merubah kalori menjadi energiuntuk memenuhi kebutuhan setiap sel (Nutrion sel/NS). Kalori digunakan sebagai bahan bakar untuk setiap fungsi tubuh. Kita memperbaharui persediaan energi sel kita setiap hari melalui makanan. Secara umum proses metabolisme merubah makan menjadi energi hanya sekitar85% efisien, tubuh masih harus menagani kelebihan kalori sekitar 15% inefisinsi. Untuk membuang kalori yang berlebihan ini. Tubuh dapat menyimpan kalori ekstra dalam sel lemak putih sebagai lemak tubuh atau membakar kalori dalam sel lemak baik (Brown adipose tissue/BAT).

Bila pola makan tidak berubah misal tetap berpola makan yang penuh kalori bahkan yang berkolesterol tinggi maka proses kegemukan akan dimulai. Gaya hidup masa kini yang selalu dengan ritme tergesa-gesa akan memungkinkan kegemukan, karena kita tidak pernah sempat menghitung kalori dari setiap makan yang sudah tersaji, maka diet dengan menghitung kalori setiap menu makan sangat tidak praktis dan sulit dilaksanakan.

Pada tahun 1980an telah ditemukan peranan BAT dalam mengurangi lemak tubuh. Kini, kita mengetahui bahwa termogenesis atau pembakaran kalori berlebihan dalam BAT yang unik merupakan kunci untuk mencegah dan menghilangkan lemak tubuh. Bila BAT aktif, boleh dikatakan semua kelebihan kalori makanan dapat dibuang. Ternyata untuk meningkatkan aktifitas BAT dapat melalui konsumsi beberapa jenis herbal. Selain itu serat juga berperan penting untuk mencegah lemak terserap di dinding usus dan memberikan rasa kenyang.

Untuk pengaturan kalori makanan, sekarang sudah tersedia cara yang praktis yaitu berupa produk pengganti makanan yang bisa disajikan secara instant. Yang kedua konsumsi herbal yang meningkatkan aktifitas BAT serta serat ditambah dengan vitamin, mineral. Ini pun sekarang sudah tersedia dalam bentuk tablet yang praktis.

Kebisaan makan yang salah

Suatu pendapat yang ada di masyaratkat tentang makan adalah supaya kenyang. Sehingga yang terjadi komposisi makanan lebih banyak pada karbohidrat. Karbohidrat bila dicerna hanya menghasilkan energi sehingga kebutuhan vitamin, mineral, nutrition sel dan serattidak bisa cukup terpenuhi maka yang terjadi adalah ketidak seimbangan. Apabila aktifitas tubuh berkurang maka yang terjadi kegemukan. Pada tubuh yang gemuk akan terjadi suatu kondisi yang tidak bersemangat untuk melakukan aktifitas tubuh misal olahraga, ditambah dengan kebiasaan makan untuk kenyang maka mulailah proses menjadi gemuk. Untuk olahraga rasanya sudah malas, badan terasa mudah lelah, secara psikologis obatnya adalah makan dan makan. Apalagi dengan kebiasaan nonton TV dengan ngemil.

Dalam kondisi ini satu-satunya jalan adalah mengurangi karbohidrat dalam komposisi makanan kegiatan ini biasa kita kenal dengan istilah “diet”, banyak orang salah mengartikan kata diet, diet identik dengan tidak makan atau menahan untuk tidak makan, mengurangi porsi makan, minum obat-obatan pencegah rasa lapar. Hal ini sangat berbahaya. Bila hal itu kita lakukan maka tubuh kita akan kekurangan, Vitamin, mineral, serat,dan nutrition sel yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan maksud diet adalah mengurangi penyediaan karbohidrat dan menjaga kebuthan vitamin, mineral, serat dan nutrition sel.

Jawabannya adalah?…

Diet yang sehat dan seimbang! Diet yang dilakukan adalah mengganti makan pagi dan makan malam dengan suatu produk makanan dengan mempunyai komposisi yang tepat mengenai Vitamin, Mineral, Nutrition Sel, dan Serat yang cukup dengan unsur karbohidrat yang sedikit. Sedangkan untuk makan siang tetap makan-makanan seperti biasa ditambah dengan serat dalam bentuk tablet. Diet ini dilakukan sampai berat badan mencapai berat badan ideal. Bila sudah mencapai berat badan ideal, pola makan dirubah dengan satu kali produk makanan pengganti,dan 2 kali makan biasa.

About these ads